IMG-20230219-WA0036
Kabar Peristiwa

Keindahan Pantai Widuri Pemalang, Membuat Ariyanto Pencipta Lagu Tertarik

Pemalang – Jateng,- Sebuah pantai yang terletak di kabupaten Pemalang, paling populer adalah pantai widuri, juga menjadi sebuah lagu yang sangat Hits pada era 1977 hingga sekarang, yang dibawakan oleh Bob Tutupoly.

Akses ke pantai widuri sangat lah mudah untuk di jangkau, dari alun alun Pemalang, lurus ke utara menuju jalur pantai widuri.

Jalan ini dibuat oleh Patih sampun, yang menjabat Patih di kadipaten Pemalang pada masa lalu.

Pantai widuri terletak di desa Widuri, kecamatan, Pemalang, oleh masyarakat setempat Widuri disebut sebagai ‘ tllincing ” merupakan pantai yang terletak di pesisir Utara pulau Jawa.

Diapit oleh tiga desa, yaitu danasari, Sugihwaras dan kelurahan Pelutan, kecamatan Pemalang.

Seperti karakter pantai Utara pulau Jawa, pantai widuri tidak berombak terlalu besar seperti pantai selatan, hanya sedikit mengkwatirkan ketika musim baratan ( seperti saat ini ), sepanjang kita memandang bentangan pantai widuri, berjejer pohon cemara, bagai pagar alam berwarna hijau, menghiasi pinggiran pantai, yang membawa Bob Tutupoly seorang legendaris lagu nostalgia Indonesia, menjadi terkenal, karena pantai widuri.

Lagu widuri sendiri diciptakan oleh Slamet andriadie pada tahun 1972, andriadie bekerja di perusahaan rekanan remaco pada saat itu,antara tahun 1969- 1971.

Dikutip dari kompas.com ( 03/02/2016 ) , dari data koran harian kompas terbitan 3 february 1977, Andriadie merupakan lulusan sekolah teknologi menengah ( STM ) Atm di Semarang.

Pada mulanya lagu Widuri karyanya ini, ditertawakan oleh teman-temannya karena dirasa jelek.

Karena atas kebaikan *A.Riyanto* yang menggawangi studio remaco di Cipete Jakarta, lagu ini diberi kesempatan untuk di rekam, Bob Tutupoly di tunjuk untuk menyanyikan lagu ini,sekaligus ikut menata kembali lagu Widuri ciptaan Andriadie tersebut.

Tidak disangka,lagu ini booming di pasaran, dibawakan oleh Bob Tutupoly, dan diaransemen oleh *A.Riyanto*, album lagu ini sukses terjual, sebanyak 650.000 salinan di seluruh Indonesia pada tahun 1977.

Bisa dikatakan lagu paling fenomenal, dan kini menjadi lagu ” Love song Indonesian Evergreen”.

Bob Williem Tutupoly, lahir pada 13 November 1939, menjadi penyanyi terkenal, karena lagu dengan judul *Widuri*.

Setelah kepulangannya dari Amerika, selanjutnya semakin di kenali masyarakat lewat lagu, lidah tak bertulang, tiada maaf bagimu, tinggi gunung seribu janji dan lainnya.

Akan tetapi dari sekian lagu ber Genre melo, lagu Widuri lah yang membuat seorang Bob Tutupoly, sangat terkenal hingga akhir hayatnya.

 

Ragil74.

Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *